Hanifah
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
1.
Product
Strategi Merek ( Pemasaran Strategik, hal 56)
Lembaga
keuangan syariah, Bank DKI Syariah melakukan merek jasa karna Bank termasuk
pada bidang jasa.
Keputusan Pemberian Merek (Pemasaran Strategik, hal
57)
Bank
DKI Syariah menggunakan strategi pengambilan keputusan nama merek, yaitu :
Merek Individu, selain itu dalam produk Bank DKI Syariah ada beberapa yang
menggunakan nama perusahaan yang dikombinasikan dengan nama merek produk
individual. Contoh seperti nama “DKI”
ataupun “monas” sebagai lambang DKI diselipkan. Tak terlepas dari kota DKI Jakarta.
2.
Price
Strategi
Harga (Pemasaran Strategik, hal 71 )
Bank DKI
Syariah menentukan harga berdasarkan struktur biaya produksi dan permintaan
pasar, serta mengamati dan menganalisis harga produk pesaing. Utamanya
kompetetitif menjadi hal yang penting dalam produk maupun pembiayaan. Penetepan
harga Bank DKI syariah senantiasa memperhatikan etika bisnis, yang tujuannya
dapat meningkatkan kepercayaan nasabah.
Berorientasi Laba (Pemasaran Strategik, hal 66 )
Lembaga
keuangan sudah pasti berorientasi pada laba, Bank DKI syariah mempunyai
keunggulan dalam ‘Kredit konsumer’. Hal ini membuktikan bahwa tingkat bunga
yang rendah dapat menarik konsumen.
3.
Place
Strategi Distribusi (Pemasaran Strategik, hal 97)
Saluran
distribusi produk dan jasa Bank, berupa Kantor Cabang, yang secara langsung
menyediakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan semakin majunya teknologi,
saluran distribusi dapat dilakukan melalui saluran telekomunikasi seperti
telepon dan jaringan internet.Contoh saluran distribusi yang dilakukan PT Bank
DKI adalah bekerjasama dengan Universitas Gunadarma meresmikan Bank Mini yang
terletak di Kampus Simatupang pada tanggal 1 Oktober 2012. Kedua belah pihak
sepakat bekerjasama untuk memanfaatkan Bank Mini tersebut untuk kepentingan
edukasi perbankan, terutama bagi mahasiswa, pegawai bank, dan masyarakat.
Fasilitas tersebut menjadi cikal bakal pembentukan E-Banking Training Center di
Universitas Gunadarma.
4.
Promotion
Komunikasi
: Iklan dan Promosi (Pemasaran Strategik, hal 139 )
Bank DKI
melakukan promosi dengan memilih saluran komunikasi, sehingga komunikasi yang
efektif dan efisien menjadi pilihan tepat untuk tercapainya pesan melalui
media.
Media
menjadi salahsatu pilihan Bank DKI Syariah dalam kegiatan promosi, media yaitu
penyampaian pesan melalui media cetak, media siaran, media jaringan, media
elektronik, media pajang.
Bank
DKI syariah hampir menggunakan semua media yang disebutkan diatas, namun ada
beberapa yang menjadi media utama (Media cetak dan Media elektronik). Selain
itu, Hubungan masyarakat pun mejadi kegiatan promosi Bank DKI syariah. Pada Bab 6 hal 141, komunikasi antara
perusahaan semua pemangku kepentingan.
5.
Process
Meliputi
sistem dan prosedur, termasuk persyaratan ataupun ketentuan yang diberlakukan
oleh Bank terhadap produk dan jasa Bank. Sistem dan prosedur akan merefleksikan
penilaian, apakah pelayanan cepat atau lambat. Pada umumnya nasabah lebih
menyenangi proses yang cepat, walaupun bagi Bank akan menimbulkan risiko yang
lebih tinggi. Penggunaan teknologi yang tepat guna serta kreativitas yang prima
diperlukan, untuk suatu proses yang cepat namun aman.
Bank DKI syariah menyediakan produk
dan layanan yang lengkap dengan dukungan Teknologi Informasi yang unggul.
Memberikan layanan yang efektif dan efisien dengan risiko yang dapat diterima.
Cepat dan tanggap dalam menangani pengaduan nasabah dan memberikan solusi
beragam termasuk cross sellingsecara professional. Memiliki karyawan yang
terlatih dengan kemampuan untuk memberikan informasi yang berkualitas
6.
People
Ciri bisnis
bank adalah dominan nya unsur personal approach, baik dari jajaran front
office, back office sampai tingkat manajerial. Para pekerja Bank dituntut untuk
melayani nasabah secara optimal. Karyawan memiliki jalur karir yang jelas dan
kesejahteraan yang baik.
7.
Physical
Environment
Bukti fisik
berkaitan dengan peralatan dan sarana yang mendukung pelayanan.
Bank DKI
memiliki Cabang Utama di daerah Djuanda. Melalui cabang utama tersebut Bank DKI
diharapkan dapat memberikan perhatian yang lebih besar terhadap cabang-cabang
dibawahnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan.
Referensi :
Referensi :
- Buku Pemasaran Strategik : Perspektif Prilaku Konsumen dan Marketing Plan, Editor : Ujang Sumarwan
- Laporan Tahunan Bank DKI Syariah
- www.bankdkisyariah.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar