Jumat, 17 April 2015

7P "Extended Marketing Mix" - Lembaga Keuangan Syariah

Hanifah
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)

Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)



Marketing Class

Lecturer:

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan@mb.ipb.ac.id)

Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Extended Marketing Mix Bank DKI Syariah
1.     Product
Strategi Merek ( Pemasaran Strategik, hal 56)
Lembaga keuangan syariah, Bank DKI Syariah melakukan merek jasa karna Bank termasuk pada bidang jasa.
Keputusan Pemberian Merek (Pemasaran Strategik, hal 57)
Bank DKI Syariah menggunakan strategi pengambilan keputusan nama merek, yaitu : Merek Individu, selain itu dalam produk Bank DKI Syariah ada beberapa yang menggunakan nama perusahaan yang dikombinasikan dengan nama merek produk individual. Contoh seperti nama “DKI”  ataupun “monas” sebagai lambang DKI diselipkan. Tak terlepas dari kota DKI Jakarta.



2.     Price
Strategi Harga (Pemasaran Strategik, hal 71 )
Bank DKI Syariah menentukan harga berdasarkan struktur biaya produksi dan permintaan pasar, serta mengamati dan menganalisis harga produk pesaing. Utamanya kompetetitif menjadi hal yang penting dalam produk maupun pembiayaan. Penetepan harga Bank DKI syariah senantiasa memperhatikan etika bisnis, yang tujuannya dapat meningkatkan kepercayaan nasabah.
Berorientasi Laba (Pemasaran Strategik, hal 66 )

Lembaga keuangan sudah pasti berorientasi pada laba, Bank DKI syariah mempunyai keunggulan dalam ‘Kredit konsumer’. Hal ini membuktikan bahwa tingkat bunga yang rendah dapat menarik konsumen.





3.     Place
Strategi Distribusi (Pemasaran Strategik, hal 97)

Saluran distribusi produk dan jasa Bank, berupa Kantor Cabang, yang secara langsung menyediakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan semakin majunya teknologi, saluran distribusi dapat dilakukan melalui saluran telekomunikasi seperti telepon dan jaringan internet.Contoh saluran distribusi yang dilakukan PT Bank DKI adalah bekerjasama dengan Universitas Gunadarma meresmikan Bank Mini yang terletak di Kampus Simatupang pada tanggal 1 Oktober 2012. Kedua belah pihak sepakat bekerjasama untuk memanfaatkan Bank Mini tersebut untuk kepentingan edukasi perbankan, terutama bagi mahasiswa, pegawai bank, dan masyarakat. Fasilitas tersebut menjadi cikal bakal pembentukan E-Banking Training Center di Universitas Gunadarma.



4.     Promotion
Komunikasi : Iklan dan Promosi (Pemasaran Strategik, hal 139 )
Bank DKI melakukan promosi dengan memilih saluran komunikasi, sehingga komunikasi yang efektif dan efisien menjadi pilihan tepat untuk tercapainya pesan melalui media.
Media menjadi salahsatu pilihan Bank DKI Syariah dalam kegiatan promosi, media yaitu penyampaian pesan melalui media cetak, media siaran, media jaringan, media elektronik, media pajang.
Bank DKI syariah hampir menggunakan semua media yang disebutkan diatas, namun ada beberapa yang menjadi media utama (Media cetak dan Media elektronik). Selain itu, Hubungan masyarakat pun mejadi kegiatan promosi Bank DKI syariah. Pada Bab 6 hal 141, komunikasi antara perusahaan semua pemangku kepentingan.


5.     Process
Meliputi sistem dan prosedur, termasuk persyaratan ataupun ketentuan yang diberlakukan oleh Bank terhadap produk dan jasa Bank. Sistem dan prosedur akan merefleksikan penilaian, apakah pelayanan cepat atau lambat. Pada umumnya nasabah lebih menyenangi proses yang cepat, walaupun bagi Bank akan menimbulkan risiko yang lebih tinggi. Penggunaan teknologi yang tepat guna serta kreativitas yang prima diperlukan, untuk suatu proses yang cepat namun aman.

            Bank DKI syariah menyediakan produk dan layanan yang lengkap dengan dukungan Teknologi Informasi yang unggul. Memberikan layanan yang efektif dan efisien dengan risiko yang dapat diterima. Cepat dan tanggap dalam menangani pengaduan nasabah dan memberikan solusi beragam termasuk cross sellingsecara professional. Memiliki karyawan yang terlatih dengan kemampuan untuk memberikan informasi yang berkualitas


6.     People
Ciri bisnis bank adalah dominan nya unsur personal approach, baik dari jajaran front office, back office sampai tingkat manajerial. Para pekerja Bank dituntut untuk melayani nasabah secara optimal. Karyawan memiliki jalur karir yang jelas dan kesejahteraan yang baik.




7.     Physical Environment
Bukti fisik berkaitan dengan peralatan dan sarana yang mendukung pelayanan.

Bank DKI memiliki Cabang Utama di daerah Djuanda. Melalui cabang utama tersebut Bank DKI diharapkan dapat memberikan perhatian yang lebih besar terhadap cabang-cabang dibawahnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan.


Referensi :

  • Buku Pemasaran Strategik : Perspektif Prilaku Konsumen dan Marketing Plan, Editor : Ujang Sumarwan
  • Laporan Tahunan Bank DKI Syariah
  • www.bankdkisyariah.co.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar